Senin, 20 Desember 2010 |

candi lumbung sengi

candi lumbung sengi masih 1 kompleks candi-candi sengi lainnya (candi asu sengi dan candi pendem sengi). walaupun candi ini berada lumayan jauh dari 2 candi sengi lainnya. candi ini berada sekitar 200-3oo meter dari candi asu. candi inipun berada di pinggir tebing sungai. yang sangat rawan longsor.

candi yang menurut warga sekitar berbentuk seperti sebuah lumbung padi

warga sekitar sendiri menyebut candi ini sebagai candi yang lebih mirip sebagai sebuah lumbung padi. dan saat ini keberadaannya sungguh memprihatinkan. bukan hanya letaknya yang dipinggir tebing sungai. melainkan bentuknya yang kini bagian atapnya tak berbentuk lagi. di dalam candipun sumuran candi kini dipenuhi batu2 besar kemungkinan candi ini pernah jadi obyek pencurian seseorang yang hendak mencuri barang berharga di dalam sumuran candi seperti peripih yang berisi emas ataupun lainnya.

candi yang berada di lereng tebing sungai

di dinding candi terdapat banyak simbol-simbol, ornamen dan ada juga relief mahluk gana yangbentuknya cukup unik. candi ini merupakan candi tunggal, seperti halnya candi-candi di wilayah sengi lainnya. yaitu tidak memiliki candi perwara.

relief mahluk gana di dinding candi

untuk menuju situs candi, jalur tergampang ialah dengan melalui candi asu sengi dan menuju ke arah sungai besar dan bila sampai di persawahanluas, parkirkan kendaraan anda dan mulai berjalan di pematang sawah tersebut dan mulai menuju ujung persawahan itu adaw menuju tebing sungai karna di sanalah candi ini menyempil. taw dengan mengikuti peta dibawah ini.

peta menuju situs percandian sengi magelang


candi ini sendiri berada di dusun candi pos, desa sengi kecamatan dukun, magelang, jawa tengah. dan apabila bingung untuk menuju ke situs ini jangan malu-malu untuk bertanya pada warga sekitar.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu selalu.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?