Jumat, 09 Desember 2011 |

Situs Candi Secang

Situs Candi Secang yng memiliki nama lain yaitu Situs Candi Talun, Candisari, Canditalun, Gomblang atupun Gumbulan berada di Dusun Candi,  desa Candisari, kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

yoni kedua


yoni ketiga

situs ini berada di sebuah gundukan tanah kecil di tengah dusun. di sekitar dusun banyak ditemui sisa batu bata kuno berukuran besar yang banyak ditemui di beberapa sudut dusun candi. 3 buah yoni juga terdapat di dalamnya. 3 yoni berukuran jenis ini dalam kondisi masih baik,namun saat ini beberapa komponen candi ada yang sedikit rusak.

kemuncak

di situs ini juga terdapat sebuah bangunan panjang yang berbentuk seperti yoni dengan panjang 177cm, tinggi 68cm lingkar besar dan  7cm. yang bentuknya seperti yoni namun tidak memiliki lubang lingga. warga sekitar menyebutnya dengan nama watu meja atau meja batu kuno


batu bata kuno

NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang saat ini masih tersisa. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman.


selamat kelayapan...
salam budaya, salam nyariwatu selalu.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?