Selasa, 01 Februari 2011 |

situs sokoliman

situs sokoliman merupakan situs megalitikum yang ada diwilayah gunung kidul dan hampir sama dengan situs-situs megalitikum sejenisnya, seperti situs gunung bang, gondang, bleberan krajan ataupun wonobuda. situs megalitikum biasanya berisi batu batu lonjong, bulat, gepeng dan segalanya yang mememiliki kategori seperti sebuah bangunan menhir dan juga kubur batu.

kubur batu


situs sokoliman berada di dusun sokoliman, bejiharjo, karangmojo, gunung kidul, DIY. dan situs megalitikumnya sendiri berada di sebuah lahan areal pertanian warga. situs ini sendiri berisi 4 buah kubur batu dan juga beberapa kelompok batu- batu yang disusun disekitaran situs yang berisi batu balok dan juga beberapa menhir.

kubur batu

situs sokoliman sendiri pertama kali diteliti oleh JL. moens yang melakukan penelitian pada tahun 1934 yang beberapa tahun kemudian van der hoop juga meneliti situs tersebut. baru pada tahun 1980an pihak BP3 meneliti dan mengumpulkan situs-situs megalitikum yang tercecer di sekitaran dusun sokoliman.

batu batu megalitikum yang berhasil dikumpulkan disekitaran situs

di dusun sokoliman ini juga pernah diketemukan beberapa gerabah, batu batu perunggu dan juga sebuah gagang pedang yang menggunakan tangan kiri yang dibagian kepala pedangnya menggunakan sebuah rajutan yang begitu kasar.

menhir

cerita yang merebak didusun ini bahwa nama sokoliman berasal dari cerita tentang keberadaan beberapa batu besar (kemungkinan bangunan menhir) yang berjumlah 5 buah yang berada di sekitaran dusun tersebut.

situs sokoliman sendiri jaraknya tidak jauh dengan situs gondang dan juga situs gunung bang. yang sama-sama situs masa megalitikum.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

annosmile mengatakan...

akhirnya nyampe sini :D

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?