Selasa, 05 Juni 2012 |

Situs Arca Gajah Putih

Situs Gajah Putih yang terletak di Desa Cepokosawit Kecamatan Sawit, Boyolali saat ini kondisinya semakin memprihatinkan. arca berada dikedalaman 2 meter dibawah tanah, namun saat ini keberadaannya sudah lebih baik dari pertama kali ditemukan. kerena saat ini sudah dibangun sebuah bangunan permanen.

 lokasi situs arca gajah

arca situs gajah putih

ada beberapa pendapat yang menyebutkan bahwa arca ini merupakan Situs peninggalan kerajaan Pengging Purwo. warga sekitar sendiri hingga kini masih mengkramatkan lokasi situs ini. arca di situs ini berbentuk gajah normal dan bukan sebagai perlambangan gajah yang banyak ditemukan di beberapa situs purbakala. kurang jelas pernggambaran apa arca tersebut.

watu dakon


di sekitar situs terdapat 1 buah batu umpak dan juga sebuah batu dengan ukiran lubang kecil-kecil berjajar yang sering disebut dengan nam awatu dakon.



NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang saat ini masih tersisa. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman.


selamat kelayapan...
salam budaya, salam nyariwatu selalu.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?