Senin, 25 Juli 2011 |

situs manuk beri

situs manuk beri berada di samping timur kebun binatang gembiro luko. situs ini kemungkinan bekas sebuah pesanggrahan/ tempat pancuran air.

situs manuk beri


situs manuk beri berada di gang manuk beri ,rejowinangun, gedongkuning, Bantul, Daerah istimewa Yogyakarta. situs ini berupa sebuah arca garuda yang pada jaman dahulu digunakan sebagai sebuah pancuran air. kemungkinan sisa tembok telah hancur oleh pembangunan rumah yang kini mengepung keletakkan situs kraton jogjakarta ini.

situs manuk beri

arca garuda ini banyak mengalami perubahan bentuk, seperti pada bentuk sayap hingga paruh. yang membuah arca ini tidak orisin lagi dan sedikit menghilangkannilai-nilai kesejarahannya. keletakan arca ini sendiri tidak bisa dilihat dari pinggir jalan, sebab arca ini berada di belakang rumdah warga.

lilitan pancuran di perut arca manuk beri

bagian perut arca garuda manuk beri ini, terdapat lilitan yang berbentuk seperti ular. sayangnya bagian kepala yang di fungsikan sebagai aliran pancuran air telah menghilang. jadi bentuk asli dari sosok yang di gambarkan di badan arca manuk beri tersebut, kurang bisa dipastikan kejelasannya.

situs manuk beri ini beada di belakang rumah warga

situs manuk beri hanyalah 1 dari keberdaan situs-situs masalampau yang sama sejenisnya seperti situs gua siluman ataupun situs warung boto yanghingga kini keberadaanny masih bisa ditemui.


di belakang rumah inilah arca manuk beri bersembunyi

untuk bisa mengunjungi situs ini sendiri, sebaiknya banyak-banyak bertanya kepada warga sekitar. sebab keletakan situs ini berada di belakang rumah warga dan tidak adanya papan petunjuk ataupun papan informasi tentang keletakan situs ini.


* terimakasih untuk kris budiman atas informasi keletakan situs ini.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

PRAKARYA S1BOY mengatakan...

tempatx di mna? n" peningggalan kerajaan pa? cuz itu konon hewn yg menjaga atau gmn?

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?