Kamis, 30 Desember 2010 |

situs lumpang jaka tarub

situs lumpang jaka tarub adalam beberapa batu prasejarah yang terbuat dari batu putih yang berada di dusun giring, desa sodo, paliyan, gunung kidul DIY. atau sekitar 50 kilometeran dari pusat jogja.

sisa situs lumpang jaka tarub

masyarakat sekitar sendiri mempercayai bahwa batu-batu kuno tersebut merupakan bekas petilasan jaka tarub. dan yang tersisa dari situs jaka tarub tersebut ialah berupa lumpang yang terbuat dari batu putih berukuran panjang 155 cm, lebar 78 cm, tinggi 30 cm. dan juga terdapat sebuah batu bulat yang seperti sebuah umpak / tiang kayu/ lumbang bulat, dan batu yang hanya menyisakan sebagian bentuknya saja.

masih sering digunakan sebagai tempat berdoa


lumpang


seperti sebuah cerat yoni



namun ada beberapa literatur yang memprediksikan bahwa lumpang yang dimaksud warga sekitar tersebut ualah sebuah yoni dengan 3 lingga. sebab ditemukan seperti sebuah bentuk cerat dan 3 bolongan di dalam lumpang tersebut. walaupun 3 lubang tersebut ta tersusun sejajar.
namun pemikiran tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya.

misteri dari bentuk sebenarnya lumpang2 tersebut

bahkan ada sebuah sumber yang menyebutkan lumpang2 tersebut seperti sebuah sarkofakus/ tempat penyimpenan mayat leluhur.

apa kegunaan lumpang situs jaka tarub sebenarnya?

untuk menuju situs ini diharapkan melalui rute jogja- playen -paliyan - giring. dan situs ini sendiri berada tepat di samping SD giring. dan halamanm situsnya telah diberi cungkup dan dipagari... dan ta jauh dari situs ini berada terdapat sebuah situs purbakala lagi yang warga sekitar menyebutnya dengan nama candi giring. yang berupa sisa komponen stupa dan juga batu candi

pintu gerbang lumpang jaka tarub

dan inilah rute situs candi di kec playen dan paliyan:



NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu selalu.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?