Senin, 07 November 2011 |

Situs Ngrajek


Situs Ngrajek berada di Dusun Ngrajek, Desa Ngrajek, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. walau berada tdiak jauh dari situs Candi Mendut, kondisi situs ini kini benar-benar sangat jauh berbeda.
Sisa Batu Candi situs Ngrajek

Kondisi situs ini sekarang hanya berupa banyaknya sebaran batu candi yang berada di dusun ini, sayangnya banyak batu candi yang telah digunakan untuk bahan bangunan warga sekitar. membuat bentuk asli bangunan candi ini sangat sulit untuk bisa digambarkan.

Sisa Batu Candi situs Ngrajek

Beberapa batu yang masih terlihat disitus inipun hanya beberap batu polos tanpa ukiran, namun dari beberap batu tersebut masih bisa dikenali sebagai bentuk dari sebuah antefik.

 Sisa Batu Candi situs Ngrajek

Sedikit lebih jauh dari lokasi sebaran situs candi yangberada i pinggir jalan, tepatnya di dekat sebuah masjid. menurut salah satu sumber terdapat tiga buah miniatur candi atau puncak yang kini digunakan sebagai pot rumah warga.
Sisa Batu Candi situs Ngrajek

Sebenarnya keberadaan situs ini sudah diketahui oleh Bosch pada tahun 1920, dimana kala itu dia masih bisa nemeukan pondasi dari dasar candi di lokasi situs ini. dan dari berbagai sumberpula yang menyebutkan bahwa lokasi penemuan yang dilihat oleh Bosch tersebut kini telah beralif fungsi jadi sebuah tambak ikan oleh warga sekitar.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita, yang lambat laun tentu saja akan punah dikikis jaman..


Selamat Kelayapan..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?