Sabtu, 05 Maret 2011 |

situs sembungan

situs sembungan berada di dusun sembungan, RT 04 desa bangunjiwo, kalasan, bantul jogjakarta. berada disebuah puncak bukit kecil yang bernama bukit gunung lawu. situs ini kini hanya berupa yoni yang mempunyai 2 bagian. yaitu badan dan kaki yoni dan keduanya dalam keadaan terbalik di sebuah kubangan dan tertimbun semak-semak dan rubuhan pohon. kemungkianan dahulu yoni ini tertimbun tanah dan memang dalam keadaan telah terbalik dan kemungkinan situs ini pernah digali sebelumnya. sebab situs ini berada di sebuah kubangan.

bagian atas yoni yang dalam keadaan terbalik

yoni ini berukuran sangat besar mungkin seukuran dengan yoni yang berada di candi sambisari kalasan. bagian lingganya sudah dak bisa diketemukan kembali. kemungkinan masih tertimbun atau sudah dijarah oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

yoni bagian kaki dalam keadaan terbalik

sekitar yoni ini berada masih terdapat 1 buah bongkahan batu andersit yang kurang jelas bagian apa ini. dahulu di sekitar situs ini berada, terdapat 2 buah arca,.yang salah satunya adalah arca ganesa, namun kini keberadanya sudah tidak dapat diketemukan kembali.

batu andersit yang masih tersisa

awal diketemukan situs inipun cukup menggegerkan wilayah sekitar situs. lantara ada salah satu warga yang hendang menggali situs ini dan jatuh sakit secara tiba-tiba dan hal tersebutlah yang membuat situs ini sangat dikeramatkan. dengan kejadian aneh tersebut warga sekitar menyebutnya dengan makam keramat gunung lawu.
pak nuripah (ketua Rt04 dusun sembungan)

untuk mengunjungi situs ini cara tergampang ialah dengan meminta salah seorang warga mengantarkan, sebab situs ini berada si sebuah bukit dan akses menuju situs inipun agak membingungkan dan susah dilalui. atau dengan cara melalui masjid besar yang berada di ruas jalan dusun sembungan-madukismo lalu sampai di kompleks pemakaman orang jawa. baru mulai blusukan ke arah utara sedikit jaraknya sekitar 100 meteran dari kompleks makan orang jawa tersebut

# terimakasih untuk tembi atas informasinya dan terimakasih juga untuk pak nuripah selaku ketua RT 03 dusun sembungan yang sudah merelakan waktunya mengantarkan saya mengunjungi situs ini #


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu selalu.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?