Senin, 09 Agustus 2010 |

candi sojiwan

candi sojiwan saat ini masih dalam tahap rekonstruksi. candi ini merupakan bangunan candi beragama budha. kemungkinan sejaman dengan candi sari, plaosan ataupun candi sewu. candi ini kemungkinan merupakan suatu wihara yang bentuknya mirip seperti candi sari di kalasan. di sekitaran candi induk sojiwan masih banyak ditemukan batu candi yang masih di rekonstruksi, seperti bagian stupa yang masih banyak tersisa di sekitaran candi.

puncak stupa yang belum selesai di rekonstruksi


stupa-stupa candi sojiwan


si keliling tubuh candi terdapat banyak ukiran relief yang menceritakan hewan-hewan dan semua ajaran budha. seperti bentuk kinara-kinari dan beberapa cerita tentang kebajikan yang di perankan beberapa ekor hewan.

candi sojiwan dalam masa rekonstruksi.


candi sojiwan berada di desa kebondalem, prambanan, klaten, Jawa Tengah. dan akses menuju situs ini juga lumayan mudah. candi ini berada di selatan candi prambanan. akses masuk kedalam situs candi ini pun masih free/gratis. di samping candi sojiwan tepatnya di dusun kalongan. terdapat reruntuhan candi yang saat ini bentuknya sungguh memprihatinkan, sebab semua batu candi di gunakan sebagai pagar rumah warga. dan kemungkinan candi tersebut masih sejaman dengan candi sojiwan.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu selalu.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?